Al-Murabbi

Al-Murabbi al-muslim adalah seorang yang menurut syar’iy/agama bertugas melakukan tarbiyah islamiyah. Sosok teladan murabbi pertama tidak lain adalah junjungan kita Rosulullah SAW, sesuai Firman Allah:
“ Dia-lah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul diantara mereka, yang membacakan ayat-ayatNya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka kitab dan hikmah (as-sunnah). Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” ( QS. 62:2)

Rasulullah bersabda :
“ Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan diminta pertanggujawaban tentang orang yang dipimpin. Imam bertanggungjawab akan rakyatnya, seorang suami adalah pemimpin rumah tangga dan bertanggungjawab akan orang-orang yang dipimpinnya, seorang isteri adalah pemimpin di rumah suaminya dan bertanggung jawab akan rakyatnya khadim/ pelayan adalah pemimpin terhadap harta tuannya dan bertanggung jawab tentang apa yang dia kelola, setiap kalian adalah pemimpin dan akan diminta pertanggungjawaban dan kepemimpinannya”. ( hadist muttafaq alaih dari Ibn umar).
Salah satu keutamaan pendidik muslim adalah seperti pada Firman Allah:
“ Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang menyeruh kepada Allah, mengerjakan amal sholeh dan berkata : “ Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.” ( QS. 41:33)
Rosulullah SAW menjanjikan kepada para pembimbing kebajikan, dengan janji-janji indah dan membanggakan. “ Barang siapa yang menuntun kepada kebajikan maka ia memperoleh pahala sebesar pahala yang melakukannya.
Dalam kesempatan lain Rosulullah SAW bersabda kepada ali bin abi thalib :
“ Jika kamu berhasil menunjuki satu orang kejalan kebajikan, maka itu lebih baik bagimu daripada unta merah.”
Para pendidik muslim, penerus risalah Nabi adalah orang yang rizkinya ditanggung oleh Allah. Ia tidak mengharapkan balasan jerih payahnya kecuali hanya terhadap kepada anugerah dan karunia Allah semata.

Jadi untuk teman-teman yang berjuang dijalan Allah selalu yakinlah bahwa tugas sebagai murabbi adalah kewajiban sebagai mukmin sejati. Dan jangan ragu bahwa di setiap kita berjuang di jalanNya maka akan selalu dalam lindunganNya. Teruslah berjuang saudaraku semua, Allahu Akbar 3x.

Tinggalkan komentar